Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Gelar Sosialisasi Dana Desa dan TP4D

TANJUNGBALAI .

Kejaksaan Negeri Tanjungbalai menggelar Sosialisasi Dana Desa dan Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), yang dilaksanakan serentak oleh Kejaksaan Negeri se-Indonesia, Kamis (24/8/2017).

Acara ini dilaksanakan dalam rangka mengawal dan mengamankan Implementasi Dana Desa di Kota Tanjungbalai dan dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Esther PT Sibuea, SH MH, Wakil Walikota Tanjungbalai Drs. H.Ismail, para Kepala OPD, Camat dan Lurah se-kota Tanjungbalai serta seluruh jaksa fungsional yang tergabung dalam tim TP4D Kota Tanjungbalai.

Kota Tanjungbalai secara teritorial administrasinya tidak mempunyai desa maka tidak ada alokasi dana desa ke Kota Tanjungbalai, namun pada acara ini yang menjadi fokus pembahasan ialah mengenai lemahnya penyerapan anggaran belanja di Tanjungbalai termasuk di daerah daerah lainnya di Indonesia.

Wakil Walikota mengatakan lemahnya penyerapan anggaran belanja salah satu faktornya ialah ketakutan para penyelenggara untuk menggunakan anggaran yang ada, maka dibentuklah Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah oleh kejaksaan RI untuk memberikan pedampingan kepada pejabat pemerintah agar pembangunan dan program program strategis dapat diwujudkan.

Kepala Kejari mengatakan penyerapan anggaran belanja sesuai data Pemerintah Kota Tanjungbalai, untuk di Kecamatan sampai saat ini sebesar 51 persen dan secara keseluruhan di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tanjungbalai sebesar 38 persen.

“Maka dalam hal ini kami mengingatkan para OPD agar cepat menggunakan anggaran yang ada untuk pembangunan, karena nantinya OPD tidak bisa meminta tambahan anggaran pada P APBD 2017, karena dana yang ada saja belum terealisasi”

Esther juga menambahkan agar Pemko Tanjungbalai memanfaatkan TP4D ini sebagai media konslutasi bagi penggunaan anggaran.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *